sr sr2

Columbia Pictures
Jenis: Drama
Sutradara: Frank Darabont
Pemain: Tim Robbins, Morgan Freeman, Bob Gunton, William Sadler
Penulis: Frank Darabont dari cerita pendek “Rita Hayworth and the Shawshank Redemption” oleh Stephen King
Sinematografi: Roger Deakins                                                                                 Musik: Thomas Newman 
Durasi: 142 menit

The Shawshank Redemption adalah film tahun 1994 yang diadaptasi dari sebuah cerita pendek karya pengarang Stephen King. Kisahnya bermula, saat seorang bankir muda yang tengah naik karirnya, Andy Dufresne (Tim Robbins), divonis hukuman penjara dua kali seumur hidup oleh pengadilan. Berdasarkan bukti yang diketemukan, menunjukkan bahwa dia adalah pembunuh istrinya dan juga pria yang menjadi selingkuhannya. Kemudian dia dikirim ke penjara sadis bernama Shawshank Prison di bawah kepemimpinan Sipir Samuel Norton (Bon Gunton).

Malam pertama di penjara, teman yang dibawa bersama dirinya tewas dihajar oleh penjaga keamanan. Semua berlanjut hingga menjadikan Andy seolah terisolasi, menjadi sangat pendiam. Baru sebulan setelah itu, dia mulai berkenalan dengan narapidana seumur hidup lainnya, Ellis “Red” Redding (Morgan Freeman). Red, seorang napi yang sudah puluhan kali dikabarkan akan menerima pembebasan, namun nyatanya hanyalah bualan saja dari petugas penjara, selalu “rejected” ditolak. Red memiliki keahlian dalam hal mengatur penyelundupan barang ke penjara. Dan dari sini lah, persahabatan dimulai setelah Red berhasil menyelundupkan barang yang diinginkan Andy, berupa palu kecil untuk menuruti kesukaan nya pada koleksi batu .
Di awal-awal, Andy menjadi bulan-bulanan napi homoseks. Hingga akhirnya, kepala napi tadi disiksa hingga tak bisa lagi berjalan. Belajar dari kecemerlangannya di masa dia menjadi bankir, Andy mulai mendapat kepercayaan dari penjaga penjara, Hadley, untuk meminimalisasi pembayaran pajak secara legal.
Kisahnya berlanjut dengan banyaknya penjaga penjara penjara lain yang meminta bantuan kepada Andy untuk menyelesaikan permasalahan finansialnya, termasuk Sipir Norton. Semua berjalan dengan amat baik, meski sesungguhnya, Andy pun memiliki rencana sendiri yang dirahasiakan kepada siapapun, kecuali Red.
Tak hanya itu, Andy mulai berulah dengan mencoba mengembangkan perpustakaan penjara bersama penjaga perpus tua bernama Brooke. Ulahnya terkadang membuatnya harus tinggal di lubang penjara yang amat menjiikkan.
Hingga suatu saat, ada seorang napi baru yang nampaknya mengerti fakta sesungguhnya dari pembunuhan yang dituduh kan kepada Andy. Konflik mulai terbentuk antara Andy dengan Norton. Andy pun sempat dipenjarakan di lubang selama 2 bulan.
Selepas keluar dari lubang, Andy menjadi cukup geram terhadap Norton. Namun sebagai orang yang berpendidikan, Andy memiliki cara yang lain untuk membalas apa yang terjadi pada dirinya. Sebuah rencana yang tak diketahui oleh siapapun. Hanya Red yang sempat diberi kan klue, tapi Red pun tak cukup mengetahuinya. Semua dijalankan andi dengan sangat rapi hingga akhirnya sebuah kegemparan besar terjadi di penjara.
film ini keren banget dah.. dan wajib ditonton..😀
happy whatching guys ..
referensi :