Gunung Api Purba adalah salah satu tempat yang perlu anda kunjungi jika singgah di kota Jogjakarta. Gunung ini cukup mudah didaki dengan akses jalan yang cukup mudah menuju kesana. untuk sampai ke puncak gunung pun tidak memerlukan waktu yang lama, hanya berkisar 45menit – 1 jam perjalanan saja. Gunung api purba ini  berlokasi di desa Nglanggeran, kecamatan Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta.

kawasan ekowisata gunung purba merupakan kawasan yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua, berbentuk gunung batu raksasa yang terbentang sepanjang kurang lebih 800 meter dengan tinggi mencapai 300 meter. ekowisata yang terletak di kawasan batuagung ini merupakan ekowisata yang unik dan langka dan satu-satunya yang ada di Indonesia.

sebelum memulai pendakian, kita akan melewati pos pembayaran tiket masuk seharga Rp.3000. Kemudian kita bisa langsung melanjutkan perjalanan. diawal pendakian kita akan disambut dengan tanjakan yang dipasangi tali. sebenarnya tanjakan tersebut cukup pendek dan cukup mudah untuk dilewati.

DSC_0089

kemudian kita akan disambut dengan apitan dua tebing batu yang cukup sempit dan tangga kayu.. cukup mengagumkan dan cukup menantang. meskipun rute tebing batu ini terbilang pendek, anda tetap perlu berhati-hati, terutama saat musim hujan karena jalanan akan berubah menjadi sangat licin.

DSC_0068

setelah melewati tebing batu yang cukup sempit seperti jalur air, kita akan sampai pada pos yang memiliki bangunan atau shelter. pemandangan disini cukup indah. selain kita dapat melihat pemandangan kota Yogyakarta, kita juga dapat melihat tebing gunung yang menjulang tinggi.

DSC_0034

setelah melewati tempat ini, kemudian kita akan melewati beberapa anak tangga dan jalur tanah. kemudian kita akan sampai di puncak 1. disana terdapat lapak untuk mendirikan dome dan memiliki pemandangan yang cukup indah. kawasan ini juga terbilang aman dari tiupan angin karena terdapat beberapa pohon.

16

gunung ini merupakan rangkaian pegunungan Batuagung dan ekowisata yang mulai ramai dikunjungi.

25

setelah kita menginjak puncak 1, selanjutnya anda bisa melanjutkan perjalanan ke puncak 2. jarak antara puncak 1 dan puncak 2 cukup dekat.

27

ini merupakan pemandangan dari puncak 2. kita bisa melihat gunung merapi, dan areal pesawahan warga yang membentang luas, serta bukit bukit kecil.

.

30

23

1

3

setelah puas menikmati suasana puncak gunung purba, kita bisa segera kembali ke bawah atau bisa juga mendirikan dome di puncak 1. lokasi puncak 2 ini adalah dataran bebatuan dan kurang cocok jika ingin mendirikan dome. selain dataran ini sangat terbuka, tekstur bebatuannya tidak baik untuk berkemah.

selain puncaknya yang cukup indah, didekat areal parkir motor juga terdapat batu besar yang bisa didaki dan cukup bagus untuk dijadikan tempat berfoto.

10

11

13

14

15

.

.

bagi yang ingin mengcopy, mohon cantumkan sumber aslinya..

thanks🙂

.

.

catatan diolah dan detil mengenai gunung purba ini bisa mengunjungi : http://jogjatrip.com/id/699/Jelajah-Alam-Gunung-Api-Purba-Nglanggeran