aku melihat teman-temanku berubah secara fisik dan perilaku.. mereka tumbuh bersamaku.. mulai mencari teman yang lebih banyak.. mulai menyukai lawan jenis.. mulai menulis tentang cinta dan mulai mencari jati diri mereka..

aku dan mereka sama, kami tumbuh dalam lingkungan yang sederhana. diajarkan tatakrama, diajarkan tentang ilmu kehidupan.. kami tumbuh bersama, dan mulai banyak melakukan pelanggaran..

banyak benturan yang terjadi dalam masa pertumbuhan yang kami lewati.. banyak norma sosial yang kami langgar, tapi jika itu tidak terjadi mungkin selamanya kami tak tau mana yang harus dilakukan dan tidak.. kesalahan mengajarkan kami tentang adanya kebenaran..

diawal remaja, kami tinggalkan label anak-anak dan mulai belajar berpikir seperti halnya orang dewasa.. kami saling berbicara, saling memandang, saling membantu, dan saling bermusuhan..

aku mengamati setiap pertumbuhan diriku dan lingkunganku.. terlalu banyak yang berbeda dan berubah.. tapi itu baik..

aku mulai melihat teman-temanku sibuk dengan urusannya.. meskipun kami masih tetap bertahan pada satu kelompok tertentu.. sungguh bahagia masa-masa yang kusebut “gerombolan” .. dimana kami merasakan indanya bekerjasama, indahnya saling membantu, indahnya awal masa remaja.. kami mulai berbisik-bisik tentang perasaan.. tentang masa puber yang pertama..

kami saling menoleh dan saling tersenyum..

ketika masa remaja memasuki duniaku, aku mulai mengerti ada banyak hal di dunia ini yang belum bisa kujelajahi, kuketahui.. tapi aku sangat menikmati perasaan itu.. dimana aku pikir ini hanya akan terjadi sekali seumur hidupku..

masa remaja kulewati dengan menggenggam sebuah keyakinan.. bahwa aku akan menjadi dewasa dan kemudian menua.. tidak kusia-siakan masa remajaku karena jelas aku mengetahui bahwa aku tidak akan pernah bisa kembali nanti..

aku sering melakukan kesalahan,, aku sering mencoba banyak hal yang baru, aku sering tertawa terkejut bahkan menangis dimasa itu.. tapi kesalahan membimbingku pada satu arah yang membuatku menjadi semakin Β matang..

menginjak dewasa awal, aku sudah paham tentang lingkungan.. aku paham teman-temanku berubah, aku paham tentang siapa aku sebenarnya, dan aku sangat paham bahwa aku tidak dapat lagi menyia-nyiakan waktu.. ternyata sangat cepat waktu berlalu..

aku lihat teman-temanku mulai menemukan apa yang mereka mau.. mereka kejar begitu pun aku.. pandangan kami tertuju pada arah-arah yang akan membawa kami pada jalan sebenarnya nanti..

kami berpisah dan saling mendoakan.. berharap setelah kami benar-benar menjadi orang dewasa, kami masih tetap berpegangan tangan meski kami dipisahkan oleh jarak dan kehidupan..

ya.. aku melihat semua ini sempurna.. aku melihat masih banyak hal yang harus aku gapai.. masih banyak hal yang belum terungkap dan masih banyak pengalaman yang belum melewatiku..

aku akan menjadi aku dimasaku.. aku akan menjadi aku di masa depan.. dan aku akan tetap menjadi aku selamanya..

nindia putri utami_pangandaran7