Tag

, ,

Nindia Putri Utami
10320069
TUGAS KODE ETIK
A.P.A (American Psychological Assosiation)
Misi  organisasi psikologi ini adalah untuk memajukan penciptaan, komunikasi, dan penerapan pengetahuan psikologis kepada masyarakat dan peningkatan kehidupan masyarakat. APA berusaha untuk memajukan psikologi sebagai ilmu, profesi, dan sebagai sarana mempromosikan kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan manusia.

-Mendorong pengembangan dan penerapan psikologi dengan cara luas
-Mempromosikan penelitian di bidang psikologi, peningkatan metode penelitian dan kondisi dan penerapan hasil penelitian
-Meningkatkan kualifikasi dan kegunaan dari psikolog dengan mendirikan standar tinggi, etika, perilaku, pendidikan, dan prestasi
-Meningkatkan dan menyebarluaskan pengetahuan psikologis melalui pertemuan, kontak profesional, laporan, makalah, diskusi, dan publikasi.
5 prinsip umum A.P.A  

Principle A : Beneficence and Nonmaleficence

Psikolog berusaha menjaga kesejahteraan dan hak-hak dengan siapa mereka berinteraksi secara profesional dan untuk mereka yang terkena dampak seperti subjek hewan penelitian. Psikolog bekerja dan berhati-hati agar tidak melakukan tindakan membahayakan.

Principle B : Fidelity and Responsibility

Psikolog membangun hubungan kepercayaan dengan orang-orang dalam lingkungan kerjanya. Mereka sadar akan tanggung jawab profesional dan ilmiah mereka untuk masyarakat dan untuk masyarakat tertentu dimana mereka bekerja. Psikolog menegakan standar profesional perilaku, menjelaskan kewajiban dan peran profesional mereka, menerima tanggung jawab yang sesuai untuk perilaku mereka dan berusaha untuk mengelola konflik yang mengarah kepada eksploitasi atau merugikan.

Principle C : Integrity

Psikolog berusaha untuk mempromosikan akurasi, kejujuran dan kebenaran ilmu, pengajaran dan praktek psikologi. Dalam kegiatan ini psikolog tidak mencuri, menipu atau terlibat dalam penipuan, atau misrepresentasi fakta. Psikolog berusaha menepati janji mereka.

Principle D : Justice

Psikolog menyadari bahwa kejujuran dan keadilan berlaku untuk semua orang. Psikolog menggunakan pertimbangan yang wajar dan mengambil tindakan pencegahan untuk memastikan potensi bias mereka, batas-batas kompetisi, dan keterbatasan keahlian mereka tidak mengarah kepada praktek-praktek yang tidak adil.

Principle E : Respect for People’s right and dignity

Psikolog menghormati martabat dan nilai dari semua orang, dan hak-hak individu unuk privasi, kerahasiaan,dan penentuan keputusan sendiri. psikolog menyadari bahwa pengamanan khusus mungkin diperlukan untuk melindungi hak dan kesejahteraan individu atau komunitas. Psikolog menyadari bahwa menghormati budaya, individu, dan peran perbedaan, termasuk berdasarkan usia, jenis kelamin, identitas gender, ras, etnis, budaya, kebangsaan, agama, orientasi seksual, kecacatan, bahasa, dan status sosial ekonomi dan mempertimbangkan faktor-faktor ini ketika mereka bekerja dengan kelompok tersebut.

Standar Etik :

  1. Resolving Ethical Issues
  2. Competence
  3. Human Relations
  4. Privacy and Confidentiality
  5. Advertising and Other Public statement
  6. Record Keeping and Fees
  7. Education and Training
  8. Research and Publication
  9. Assessment
  10. Therapy

REFERENSI

http://www.apa.org

http://pintarpsikologi.blogspot.com/2012/10/american-psychological association.html