Tag

, , , , , , ,

oleh : Nindia Putri Utami

Brain story merupakan cerita mengenai pertumbuhan, bentuk, cara kerja, dan segala sesuatu mengenai otak. Otak adalah sistem syaraf pusat yang memiliki milyaran sel didalamnya. Otak merupakan sumber emosi, kenangan, dan segala rahasia yang kita miliki ada di dalamnya. Segala respon yang kita terima, akan segera dikirimkan pada syaraf pusat dan di proses oleh milyaran sel sehingga akan menghasilkan suatu tindakan atau perilaku.

Seorang peneliti bernama Susan, telah bergelut dalam ilmu kedokteran dan meneliti tentang cara kerja otak selama 30 tahun. Dalam penelitiannya banyak hal yang dia dapatkan, contohnya dia pernah melihat langsung otak yang masih hidup dan berdenyut ketika terlibat langsung dalam pengangkatan tumor otak pada salah satu pasien. Tumor tersebut sulit diangkat karena merapat pada dinding otak dan bila terkena otak vitalnya, pasien tidak dapat berbicara.

Otak adalah rahasia dari fisik, perasaan, dan segala sesuatu yang kita lakukan. Untuk melakukan hal yang kecil saja, otak membutuhkan kerjasama yang luar biasa. Serangkaian sel yang saling berhubungan dengan seluruh anggota tubuh.

Otak merupakan alat yang luar biasa, sebuah peta tubuh dimana peta tersebut dapat merubah letak dan fungsi, bahkan ketika seorang pasien harus kehilangan tangannya, pasien tersebut ย akan tetap merasa memiliki tangannya meskipun hanya bayangan. Ketika disentuh wajahnya, pasien tersebut akan merasa jari-jarinya bergerak, padahal jari-jari tersebut telah hilang. Itulah cara kerja otak yang dapat merubah perasaan organ.

Selain cara kerja yang luar biasa, otak pun bisa mengalami kerusakan. Contohnya, kerusakan substansia nigra. Kerusakan tersebut membuat pasien tidak dapat menerjemahkan pikiran kedalam tingkah laku. Selain itu ada kerusakan otak depan, yaitu degenerasi otak. Kerusakan ini membuat otak depan melemah, sehingga ketika pasien mengalami sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang dia harapkan, maka dia akan gelisah. Kerusakan otak depan juga bisa merubah tingkah laku.

Otak mengendalikan seluruh fungsi dalam tubuh, kerusakan sedikit saja dapat berakibat fatal pada kondisi tubuh dan psikis. Maka hindarilah hal-hal yang dapat membuat kerusakan pada otak.