Tag

, , , , , , , ,

Oleh : Nindia Putri Utami

4045-www-godisdirector-com

Produser           : M Adi Panuntun, M Budi Sasono, Sammaria Simanjuntak
Sutradara          : Sammaria Simanjuntak
Penulis              : Sally Anom Sari, Sammaria Simanjuntak
Pemeran           : Saira Jihan, Sunny Soon
Tahun               : 2009

“Cina dan Annisa mencintai Tuhan, dan Tuhan mencintai mereka. Tapi Cina dan Annisa tidak bisa saling mencintai karena mereka memanggil nama Tuhan dengan nama yang berbeda”

prv_118

Cina (18) yang diperankan oleh Sunny Soon adalah seorang cina yang berasal dari medan. Cina merupakan anak yang tidak pernah mengalami kegagalan, dengan modal tekad yang kuat cina yakin mewujudkan mimpinya. Annisa (24) yang diperankan oleh Saira Jihan adalah seorang perempuan muslimah yang mengalami kesulitan untuk menyelesaikan akademiknya karena karirnya di industri perfileman. Kecantikan dan ketenarannya membuat Annisa kesepian sehingga ia bersahabat dengan jari muka sedih.

Berawal dari Annisa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas akhirnya, kemudian Cina diminta untuk membantu menyelesaikan maket milik Annisa. Dalam beberapa kali pertemuan mereka pun akhirnya bersahabat. Suatu hari, Cina diminta ayahnya untuk kuliah di Singapore karena ia mendapatkan beasiswa untuk kuliah disana, namun Cina menolak dan meyakinkan ayahnya bahwa ia akan mendapatkan beasiswa di kampusnya.

4501976452_0c83f7c7a7

Hari-hari Cina dilewati bersama Annisa. Keduanya saling jatuh cinta. Banyak diskusi yang mereka lakukan tentang Tuhan dan perbedaan. Semua berjalan dengan lancar sampai akhirnya Cina sangat kecewa ketika ia tidak menemukan namanya di daftar penerima beasiswa. Masalah baru pun muncul ketika ada pemberitaan pengeboman di gereja-gereja saat natal kala itu. Cina sangat marah dan kecewa dengan Tuhan. Kekecewaannya itu membuat hubungan dengan Annisa meregang. Keduanya paham mereka tidak bisa saling bersama satu sama lain.

2863_640

Film pendek yang berdurasi sekitar 1 jam ini, banyak memberikan pelajaran dan bahan diskusi dengan dialog cerdasnya. Secara garis besar, film ini tidak mengajarkan untuk menikah dengan orang yang berbeda agama, tetapi lebih terfokus pada  bagaimana toleransi antar umat beragama. Kisah cinta yang banyak mewarnai film ini menjadi daya tarik tersendiri, mengingat tidak sedikit orang yang jatuh cinta tetapi berbeda keyakinan.

Dear (You) (Allah) (God) (YHWH) (El) (Tuhan)

Wallpaper_cinTa_3_1280_x_800